Modifikasi Model Permainan Penjas Inovatif [TicTacToe]

0
modifikasi-model-permainan-penjas-inovatif-gurupenjascom

MODIFIKASI MODEL PERMAINAN PENJAS TIC-TAC-TOE (CATUR JAWA) SEBAGAI MODEL PERMAINAN SERU DAN INOVATIF – Assalamu’alaikum dan salam sejahtera bagi seluruh pembaca. Tulisan ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya tentang Permasalahan Yang Sering Terjadi Pada Pembelajaran Penjas. Jadi bagi rekan-rekan yang belum baca sila mampir dulu ke artikel tersebut. Di tulisan ini akan saja jelaskan detail Modifikasi Model Permainan Penjas Tic-Tac-Toe (Catur Jawa) Sebagai Model Permainan Seru Dan Inovatif.

Modifikasi Model Permainan Penjas [Peraturan Permainan]

Jadi, Permainan Penjas terdiri dari 2 tim sehingga kelas dibagi menjadi dua tim yang masing-masing tim terdiri dari 16 siswa (pembagian kelompok laki-laki dan atau perempuan boleh dilakukan tergantung ketersediaan media). Area bermain terdiri dari beberapa pos yang harus dilewati masing-masing tim sebelum sampai di papan permainan tic-tac-toe untuk meletakkan bidak (cek gambar lapangan di bawah).

Pos-pos yang dimaksud adalah

  • Pos 1 = Lari zig zag
  • Pos 2 = Lompat katak
  • Pos 3 = Lari mundur.

Ketiga pos tersebut bisa disesuaikan oleh guru atau berdasarkan level permainan, semakin tinggi level semakin susah rintangannya.

Pemain yang sudah berhasil melewati pos-pos harus meletakkan bidak pada papan permainan tic-tac-toe berdasarkan strategi masing-masing tim yang telah direncanakan sebelumnya. Pemain yang telah meletakkan bidak ke papan permainan harus kembali lagi ke basecamp untuk bergantian giliran dengan anggota tim yang lain. Gerakan itu terus dilakukan semua anggota tim secara bergantian sampai ada salah satu tim yang berhasil meletakkan bidak lurus secara diagonal, vertikal, atau horizontal.

Tim yang berhasil meletakkan bidak lurus secara diagonal, vertikal, atau horizontal mendapatkan 1 poin. Permainan berakhir ketika salah satu tim berhasil mencapai 3 atau 5 poin. Bisa juga dikreasikan dengan membuat model level bertingkat. Misalnya setiap pencapaian 3 poin akan masuk ke ronde 2, level 2, dsb. Tentunya dengan rintangan pada masing-masing pos yang berbeda.

Lapangan Area Permainan

gambar-lapangan-tictactoe-gurupenjascom
Gambar Lapangan Modifikasi Model Permainan Penjas [TicTacToe]

KETERANGAN :

Arah pergerakan masing-masing tim/pemain, urut mulai dari menuju POS 1 dilanjutkan ke POS 2 dan terakhir menuju PAPAN TIC-TAC-TOE
pos1-2-tictactoe-gurupenjascom
Pos-pos yang mewajibkan setiap pemain melakukan beberapa variasi gerakan untuk mencapainya.
PAPAN TICTACTOE – Setiap pemain yang berhasil meletakkan bidak pada papan selanjutnya harus kembali ke garis start untuk bergantian anggota tim yang lain.

Dengan menerapkan permainan tic-tac-toe dalam proses pembelajaran PJOK khususnya materi gerak dasar lokomotor diharapkan antusias dan konsentrasi siswa meningkat. Karena siswa menjadi lebih semangat dalam melaksanakan tugas dan suasana kelas menjadi semakin seru dan menarik. Selain itu juga tidak seperti penerapan estafet seperti sebelumnya, dengan penerapan permaina tic-tac-toe siswa memiliki orientasi yang berbeda terhadap tujuan permainan.

Jika pada estafet masing-masing tim hanya perlu melewati pos-pos dan pemenang ditentukan yang tercepat mencapai garis finish, berbeda dengan penerapan permainan tic-tac-toe, selain dituntut untuk mampu melewati pos-pos masing-masing tim juga dituntut untuk cepat dalam mengatur strategi meletakkan setiap bidak, sehingga masing-masing siswa dalam satu tim ditantang untuk mampu memberikan kontribusi maksimalnya dan berkesempatan untuk tampil membawa tim nya menjadi juara.

Dalam penerapan permainan tic-tac-toe ini, penguatan positif sangat perlu diberikan untuk membangun motivasi anak agar anak merasa berhasil dan mau mengulang apa yang sudah berhasil dilakukannya. Nah bagi rekan-rekan yang masih bingung dan ingin diskusi tentang modifikasi permainan ini, bisa langsung [Hubungi Kami]. Demikian tulisan tentang Modifikasi Model Permainan Penjas Tic-Tac-Toe (Catur Jawa) Sebagai Model Permainan Seru Dan Inovatif. Semoga membawa manfaat. Salam!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here