Sukses Kuliah Dengan Trik Sederhana Ini

0
trik-sukses-kuliah-gurupenjascom

KHUSUS MAHASISWA BARU NIH TRIK SUKSES KULIAH PALING SIMPEL – Assalamu’alaikum dan salam sejahtera bagi seluruh pembaca. Jadi hari ini saya mau sedikit berbagi panduan untuk kalian. Yang saat ini lagi bimbang ataupun perlu rujukan menjalani ‘lembaran awal’ perkuliahan. Ya, saya tau postingan saya ini memang saya dedikasikan untuk para mahasiswa baru. Yang sudah sukses melangkahkan kakinya beberapa langkah menuju kebahagiaan masa depan.

Pertama, saya ucapkan selamat kepada kalian para alumni siswa sekolahan. Selamat atas perjuangan kalian selama ini. Sehingga berhasil menggapai titik dimana Kalian bakal semakin sadar. Kalau disaat ini Kalian adalah bintang di panggung pertunjukan yang disebut kehidupan. Maaf apabila terkesan hiperbolis, saya cuma mau melahirkan kembali semangat Kalian dalam menempuh kehidupan ini. Semangat yang nantinya sangat diperlukan untuk benar- benar memaknai apa itu kehidupan. Jadi mohon dimaklumi.

Kedua, ijinkanlah saya untuk sedikit berbagi pengalaman kepada Kalian. Mengenai secuil pengetahuan tentang dunia perkuliahan yang saya harap bermanfaat untuk Kalian. Jadi kali ini saya cuma mau berbagi mengenai ‘langkah awal’ yang wajib Kalian jalani. Untuk sukses kuliah dengan melewati langkah- langkah berikutnya pada masa perkuliahan. Sebab bagi saya ‘langkah awal’ inilah yang sangat krusial. Serta bakal memastikan keberhasilan Kalian dalam menuntaskan seluruh langkah dalam kehidupan kampus. Jadi dapat kita garis bawahi di sini. Kalau ini cuma langkah awal yang simpel tetapi bakal sangat mempengaruhi terhadap keberlangsungan masa kuliah Kalian.

Saya tulisakan di sini cuma 3 langkah awal sangat simpel untuk sukses kuliah. Apapun latar belakang Kalian, dimanapun kampus Kalian, serta bagaimanapun keadaan Kalian saat ini.

Trik Sukses Kuliah #1 Kenali Diri

trik-sukses-kuliah-gurupenjascom
Ilustrasi : pixabay.com

Seperti kita tahu bersama kalau dunia perkuliahan jauh berbeda dengan dunia sekolahan. Mulai dari status yang dahulu siswa saat ini jadi mahasiswa. Seragam yang dahulu wajib ini itu saat ini dapat leluasa (kecuali sebagian prodi tertentu). Jam masuk yang dahulu ( rata- rata) diawali jam 7 saat ini dapat diawali kapan saja. Serta masih banyak lagi perbedaaan–perbedaan yang tentu bakal dirasakan oleh Kalian mahasiswa baru. Kalian wajib menguasai masa transisi tersebut, serta berupaya menyesuaikan diri dengan nya. Menyesuaikan diri wajib diawali dari lingkup yang sangat kecil, yakni diri Kalian sendiri. Kalian wajib mengidentifikasi diri Kalian melebihi siapapun. Lalu apa yang dimaksud mengidentifikasi diri sendiri? Bukankah kita telah tahu diri kita?

Jadi begini, kita adalah pribadi yang terdiri dari beberapa komponen antara lain hati, pikiran, serta raga/ jasmani. Bila Kalian menyangka hati serta pikiran ialah sama, bisa jadi Kalian wajib mulai berpikir ulang. Bila di analogikan tugas tiap- tiap komponen adalah seperti ini. Hati bertugas jadi stimulus untuk merangsang seluruh perihal yang wajib kita jalani. Pikiran jadi penentu keputusan mengenai baik ataupun kurang baik/ dilakukan ataupun tidak dilakukan. Serta raga/ jasmani sebagai pelaksana mengenai hasil dari rentetan proses yang dilakukan oleh hati serta pikiran. Jadi, mengidentifikasi diri sendiri adalah mengidentifikasi serta menguasai ketiga komponen tersebut.

Kemudian apa hubungannya dengan Trik Sukses Kuliah? Tentu saja sangat berkaitan erat. Ketiga komponen tersebut adalah cerminan totalitas diri Kalian.Pribadi yang hendak menempuh proses perkuliahan, pribadi yang hendak berhubungan dengan orang lain. Tujuan utama mengidentifikasi diri sendiri adalah supaya Kalian sanggup menyesuaikan diri. Serta memosisikan diri Kalian di tengah- tengah kumpulan individu- individu lain.

Kalian wajib menguasai hati Kalian, apakah Kalian adalah “orang yang berhati baik”, ataupun malah kebalikannya. Kalian sendiri yang lebih tau mengenai perihal itu, hati sangat berperan penting dalam menempuh perkuliahan. Seluruhnya berawal dari hati, serta percayalah kalau seluruh yang baik bakal memperoleh kebaikan pula.

Jadi saya sarankan untuk bisa menyesuaikan diri dengan seluruh ragam transformasi di dunia perkuliahan, hati Kalian wajib ‘baik’. Bila dahulu dikala masih sekolah Kalian terhitung orang yang berhati tidak baik, mulai saat ini ubahlah. Maaf bila saya sangat lancang serta frontal bicara soal hati. Bukan maksud saya menyinggung siapapun. Saya cuma mau Kalian lebih menguasai diri Kalian serta menyadari betapa berartinya kedudukan hati dalam seluruh perihal yang Kalian jalani. Hati yang baik bakal merangsang pikiran yang baik pula. Sehingga jasmani bakal melaksanakan hal- hal yang baik. Serta kita juga jadi orang yang baik dan sanggup menempuh kehidupan perkuliahan dengan baik.

Jadi, dari sebagian penjelasan di atas bisa saya simpulkan. Mengidentifikasi diri sendiri adalah berjuang menguasai serta membiasakan. Apa yang terdapat pada diri kita (hati, pikiran, serta jasmani) dengan hal- hal baik. Harapannya sanggup menjadikan kita orang yang baik pula, sehingga kita sanggup menempuh perkuliahan dengan baik.

Trik Sukses #2 Kenali Orang Di Samping

Ilustrasi : pixabay.com

Sampai di sini saya asumsikan kalau Kalian telah sanggup mengidentifikasi diri Kalian dengan baik sehingga sanggup jadi orang yang baik. Pada langkah berikutnya yakni menularkan kebaikan yang sudah Kalian peroleh kepada individu- individu lain, yakni orang- orang di samping Kalian. Kata ‘di samping’ di sini ialah konotasi dari orang- orang di dekat Kalian. Mulai dari sini Kalian wajib mematri dalam pikiran Kalian. Kalau pada dunia perkuliahan ada bermacam macam jenis orang yang berbeda, apalagi bisa jadi jauh di luar dugaan Kalian tadinya.

Jadi tugas Kalian pada langkah ini yakni men- sinkronkan /menyesuaikan bermacam perbedaan ragam pribadi tersebut. Menjadi satu kebaikan yang nantinya diharapkan sanggup menolong serta menunjang kesuksesan kuliah Kalian. Supaya sanggup menyesuaikan seluruh perbedaan yang ada, Kalian cuma butuh bersikap universal terhadap mereka. Perlakukan mereka sama satu sama lain, ‘sama’ di sini dalam makna tidak sangat mempermasalahkan perbedaan yang ada, bersikaplah sewajarnya. Misalkan Kalian lagi duduk di samping mahasiswa baru juga yang belum Kalian tahu. Bila Kalian bimbang mengawali obrolan untuk mulai memahami satu sama lain. Barangkali Kalian dapat coba dengan menanyakan jam, ataupun menanyakan WC. Pertanyaan- pertanyaan tersebut lumayan jitu untuk mengawali obrolan dengan orang yang belum diketahui.

Perlakukan mereka sama satu sama lain, ‘sama’ di sini dalam makna tidak sangat mempermasalahkan perbedaan yang ada, bersikaplah sewajarnya. Misalkan Kalian lagi duduk di samping mahasiswa baru juga yang belum Kalian tahu. Bila Kalian bimbang mengawali obrolan untuk mulai memahami satu sama lain. Barangkali Kalian dapat coba dengan menanyakan jam, ataupun menanyakan WC. Pertanyaan- pertanyaan tersebut lumayan jitu untuk mengawali obrolan dengan orang yang belum diketahui.

Setelah Kalian masuk di zona kampus, tidak hanya rekan satu angkatan Kalian. Ingat pula kalau sepanjang perkuliahan Kalian juga bersosialisasi dengan rekan- rekan angkatan sebelum Kalian, ataupun kerap disebut “kakak tingkat”. Intinya sama, perlakukan mereka sewajarnya. Tetapi ingat, entah cuma di kampus saya ataupun memanglah biasanya kayak gini, kalau kakak tingkat selalu mau dihormati. Saya paham bukan maksud mereka gila hormat. Mereka cuma mau Kalian selaku junior yang nantinya juga hidup berdampingan saat di kampus mengerti serta paham kalau Kalian adalah tamu. Selaku tamu Kalian wajib menghargai tuan rumah, itu intinya. Jadi Kalian cuma butuh lebih memelihara etika Kalian dikala bersosialisasi dengan mereka, singkatnya Kalian wajib memelihara perilaku terhadap kakak tingkat. Dengan begitu mereka juga bakal menghargai kehadiran serta keberadaan Kalian.

Perlu Kalian tahu kalau mereka lah yang bakal menolong Kalian dalam menempuh kehidupan kampus. Misal dalam perihal modul, mereka mampu menolong Kalian memperoleh informasi dan bahkan modul tiap mata kuliah. Jadi untuk Kalian yang mempunyai bayangan kalau Kalian dapat hidup sendiri dikala kuliah, buang jauh- jauh bayangan itu. Apalagi bagi saya, kesuksesan Kalian kuliah berbanding lurus dengan keharmonisan ikatan sosial Kalian dengan kakak tingkat. Jadi kedudukan kakak tingkat sangat penting. Kenali serta pahamilah mereka bila Kalian mau sukses menempuh kehidupan kampus.

Orang lain yang wajib Kalian kenali yakni dosen serta karyawan di kampus Kalian. Jangan bersikap tidak acuh terhadap mereka. Ingat, Kalian lagi menempuh kehidupan perkuliahan, dan itu sangat berbeda dengan kehidupan sekolah Kalian. Bila dahulu guru Kalian sangat perhatian dengan Kalian, maka jangan harapkan itu di perkuliahan. Guru memanglah berorientasi mendidik siswa, jadi tidak heran bila mereka sangat mencermati kehidupan kita. Berbeda dengan guru, walaupun dosen juga bertugas mendidik kita. Tetapi mereka bakal lebih tidak acuh terhadap kehidupan kita. Sebab mereka cuma berpikir untuk menyalurkan ilmu mereka kepada kita, tidak peduli apa reaksi kita. Jadi di sini saya cuma mau menggaris bawahi. Kalau kita wajib lebih peka serta kita lah yang wajib mencermati mereka para dosen.

Untuk Kalian mahasiswa perantauan (kayak saya). Yang tidak kalah penting untuk dikenali yaitu orang- orang yang nantinya jadi tetangga serta orang terdekat Kalian. Yakni orang- orang dekat kost/ kontrakan Kalian (atau apapun tempat Kalian menetap nantinya). Mereka lah yang tiap hari berhubungan dengan Kalian, jadi jangan sempat menyangka kedudukan mereka tidak berarti.

Nah, jadi dari sebagian penjelasan di atas. Bisa saya simpulkan kalau mengidentifikasi orang di samping Kalian adalah. Berjuang menyesuaikan kebaikan yang sudah Kalian miliki. Dengan orang- orang yang nantinya bakal berperan penting dalam petualangan hidup kita di kampus. Jangan sempat berpikir kalau Kalian dapat hidup sendiri dikala kuliah. Yang perlu saya garis bawahi keharmonisan antara kebaikan yang terdapat pada diri Kalian. Dengan kebaikan orang- orang di samping/ dekat Kalian adalah kunci utama dalam menggapai kesuksesan dikala menempuh perkuliahan.

Trik Sukses #3 Kenali Lingkungan

Ilustrasi : pixabay.com

Sampailah kita pada langkah terakhir dari langkah awal untuk sukses kuliah. Saya asumsikan lagi kalau Kalian telah sanggup menyesuaikan kebaikan yang ada pada diri Kalian dengan orang- orang dekat Kalian sehingga sudah terjalin suatu keharmonisan pada interaksi Kalian dengan orang- orang tersebut. Pada langkah terakhir ini yang butuh Kalian jalani yaitu menyesuaikan keharmonisan tersebut dengan daerah sekitar Kalian. Pada prinsipnya tidak jauh berbeda dengan poin kedua, yakni kenali orang- orang di dekat Kalian. Hanya saja pada poin ketiga ini kita berhubungan dengan objek- objek yang berkaitan dengan kehidupan kita sepanjang menempuh perkuliahan, yakni sekumpulan peraturan, adat istiadat, kebiasan sekitar, serta keadaan daerah sekitar. Hal ini berbeda dengan poin kedua yang cenderung berkaitan dengan subjek.

Menyesuaikan diri dengan daerah sekitar gampang Kalian jalani apabila poin pertama serta kedua telah sanggup Kalian satukan, yakni pada saat Kalian telah sanggup mengidentifikasi diri sendiri serta jadi orang yang baik, kemudian menularkan kebaikan tersebut kepada orang- orang dekat Kalian, serta akhirnya sanggup menyesuaikan diri dengan objek- objek yang jadi daerah sekitar Kalian nantinya. Lalu gimana triknya menyesuaikan diri dengan daerah sekitar? Misal saya ambil contoh ada peraturan kampus yang wajib Kalian patuhi, nah peraturan tersebut dibikin untuk dipatuhi, bukan untuk dilanggar! Bila Kalian masih yakin ungkapan“ Peraturan dibikin untuk dilanggar”, buang jauh- jauh pikiran itu, sudah tidak jamannya lagi. Saat ini ada yang lebih keren, yakni“ Peraturan dibikin untuk dipatuhi, supaya tercipta ketertiban yang sejati.” Mematuhi peraturan bakal berakibat luar biasa terhadap proses perkuliahan Kalian nantinya.

Perihal tersebut pula berlaku untuk peraturan yang terdapat di kost Kalian, adat kebiasan warga dekat kost Kalian, serta pula keadaan area dekat Kalian. Intinya Kalian wajib menempatkan Kalian pada posisi dimana Kalian dapat sinkron terhadap area yang Kalian tempati. Jangan menyalahi segala hal yang bukan pada tempatnya, misal membuat keributan di dekat kost, mencela perbedaan adat yang terjalin, dan sebagainya. Itu semua cuma akan bawa Kalian pada posisi yang susah sehingga proses perkuliahan Kalian bakal terhambat. Sebab pada langkah terakhir ini lazimnya yang kerap disepelekan dalam menggapai kesuksesan kuliah.

Dari ketiga poin yang sudah saya uraikan, yakni mengenail diri sendidiri; mengidentifikasi orang- orang sekitar; serta mengidentifikasi lingkungan sekitar, bisa saya simpulkan

kalau untuk menggapai kesuksesan dalam menempuh perkuliahan di awali dengan langkah- langkah simpel. Mayoritas orang begitu memikirkan langkah besar yang wajib diambil dalam menggapai kesuksesan tersebut, serta melupakan langkah- langkah simpel yang bagi saya justru langkah- langkah simpel ini yang sangat berperan dalam kesuksesan tersebut.

Jadi untuk menggapai kesuksesan terebut dimulai dari diri kita sendiri, memahami serta menguasai kita sebagai orang yag baik, kemudian menularkan kebaikan yang ada pada diri kita dengan orang- orang sekitar kita, sehingga terjalin keharmonisan interaksi yang terjalin sepanjang menempuh perkuliahan. Serta terakhir adalah membiasakan seluruh objek yang berkaitan dengan lingkunga sekitar kita, entah itu peraturan, adat kebiasaan, serta keadaan daerah dengan kebaikan- kebaikan yang sudah kita ciptakan tadi. Jadi singkatnya, sukses kuliah dapat Kalian miliki kala terjalin suatu keharmonisan interaksi antara diri Kalian, orang- orang dekat Kalian, serta daerah tempat Kalian berpijak.

Mudah- mudahan kita senantiasa diberikan kekuatan supaya senantiasa istiqomah dalam menempuh tiap proses kehidupan yang kita lalui, serta dapat melaksanakan kebaikan serta berikan faedah untuk diri kita sendiri ataupun untuk orang lain di dekat kita. Aamiin…

Mungkin paragraf di atas menjadi penutup tulisan saya kali ini tentang Trik Sederhana Sukses Kuliah. Pertanyaan dan tanggapan sila tulis di kolom komentar atau bisa langsung [Hubungi Kami]. Mohon maaf apabila ada kesalahan tulisanmaupun pemahaman. Terimaksih atas perhatiannya, semoga membawa manfaat. Salam!

Previous articleComing Soon!
Sebuah portal untuk berbagi informasi, materi dan ide kreatif Guru Penjas Indonesia.Jangan lupa ya follow/subscribe/join Official Account kami [di sini].
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here